Virgiawan Listanto (Iwan Fals)

Virgiawan Listanto atau biasa dipanggil Iwan Fals ini kelahiran Jakarta, 3 September 1961. Virgiawan Listanto ini sering sekali menulis lagu dan selain jadi musisi dan penyanyi dia juga seorang produsen.

Ciri khas musik beliau adalah Balada dan Country, Virgiawan Listanto putra dari ibu Lies dan ayahnya Haryoso, Almarhum ("Kolonel Anumerta"). Virgiawan Listanto memperistri yang bernama Rosanna dan dikaruniai anak yang bernama Galang Rambu Anarki (Almarhum), Annisa Cikal Rambu Basae, dan rayya Rambu Robbani.

Semasa kecilnya Virgiawan Listanto tinggal di Bandung, dan kemudian Virgiawan Listanto ikut bersama saudaranya di Jeddah (Arab Saudi) selama 8 tahun. Bakat Virgiawan Listanto muncul ketika beliau berumur 13 tahun dimana beliau menghabiskan waktunya untuk mengamen di daerah Bandung.

Kisah Virgiawan Listanto menjadi penyanyi ketika seorang produser mengajaknya ke jakarta, lalu beliau menjual motornya untuk biaya membuat Master. Pada saat pertama kali rekaman bersama teman-temannya tergabung amburadul dan album tersebut gagal dipasaran pada akhirnya Virgiawan Listanto kembali menjadi pengamen.

Bersama Label musik Musica barulah Virgiawan Listanto digarap lebih serius lagi dan pada akhirnya laku dipasaran dengan album Sarjana Muda.

0 komentar:

Post a Comment