Sedikit Cerita Tentang Jamrud

Formasi awal Jamrud terdiri dari, Azis Mangasi Siagian(Gitar), Ricky Teddy(Bass), Sandy Handoko(Drum), Fitrah Alamsyah(Gitar)dan Krisyanto(Vocal). Jamrud sudah sring sekali membuat demo kaset dan menawarkan ke beberapa produser namun hasilnya nihil, kecuali konstribusinya album kompilasi 1991.

Para produser menolak dengan alasan yang sama karena lagu lagu mereka terlalu keras, cadas dan terkesan underground dan sulit untuk dijual di konsumen lokal dan setelah bertemu dengan Log Zhelebour(Produser musik rock terbesar di tanah air), Jamrud dikontrak untuk album serta promo tour, untuk kontrak rekaman mereka menggunakan sistem royalti.

Jamrud akan menerima ke untungan setelah penjualan melewati Break event point(50 ribu keping) selain itu juga dapat bayaran untuk master album, dan ternyata pilihan Log sangat tepat, penjualan album perdana Jamrud Nekad 1995 langsung habis sebanyak 100 ribu keping dan di album kedua Jamrud Putri 1997 angka penjualanya meningkat hingga mencapai 200 ribu keping

Ke untungan dari hasil penjualan album alabum, Jamrud terus berlanjut hingga mereka merilis album Jamrud Terima Kasih 1998, kali ini penjualan mereka lebih meningkat hingga mencapai 750 ribu keping dan mendapat penghargaan 5 Platinum Best Selling Album.

Ke utuhan band ini tidak berlangsung lama, Sandy(Drum) telah dikeluarkan dari personil Jamrud karena "Drug" mereka telah sepakat jika salah seorang dari personil Jamrud menggunakan "Drug" maka akan dikeluarkan dari personil Jamrud. Setelah ditinggal Sandy, Jamrud harus kehilangan satu personil lagi(Untuk Selama-lamanya), Fitrah Alamsyah(Gitar) pada tanggal 13 Agustus 1999 meninggal karena sakit komplikasi.

Dan untuk personil Jamrud yang selanjutnya adalah, Azis Mangasi Siagian(Gitar), Ricky Tedyy(Bass), Krisyanto(Vocal), dan Herman(Drum). Namun tanggal 5 oktober 2008 Krisyanto sebagai Vocal mengundurkan diri dan disusul oleh drumernya Herman. Stelah itu Jamrud sudah mendapatkan penggantinya Vocal Jamrud yaitu, Jaja Amronal atau biasa dipanggil Donal(Vocal) Ex Vocalis Black Angel dari Jambi dan untuk Drumernya Dani Rahman atau yang biasa dipanggil Dani(Drumer) Ex Muzizat Band dari Bandung, tak cuma itu saja Jamrud juga menambahkan personilnya satu lagi sebagai Gitaris untuk mendampingi Aziz yang bernama Mohammad Irwan dengan sebutan Irwan(Gitaris).

0 komentar:

Post a Comment